Cara Memperbaiki Harddisk Eksternal Tidak Terbaca

Semakin terus berkembangnya kemajuan teknologi dengan kemunculan harddisk external terbaru dari berbagai brand sudah pasti hampir di setiap pengguna user komputer atau laptop pasti memilikinya bahkan lebih dari satu. Harddisk ini sangat simple tidak terlalu berat karena mudah dibawa kemana-mana.

Harddisk eksternal


Untuk harganya pun dari tiap brand sangat bervariasi tergantung dari ukuran besar kapasitas harddisk itu tersebut ada yang 250 GB, 500 GB, 1 tera dan lain sebagainya. Pernahkah mengalami ketika ingin menggunakan harddisk eksternal tersebut ternyata tidak terdeteksi pada komputer atau laptop ? Ok.

Cara Memperbaiki Harddisk Eksternal Tidak Terbaca

Bagaimana cara memperbaiki harddisk eksternal tidak terbaca ketika pada saat ingin menggunakan penyimpanan dokumen kerja atau belajar ternyata tidak terdeteksi atau tidak terbaca ? bingung berkali-kali telah dilakukan perbaikan ternyata tidak berhasil juga dan tidak tahu harus bagaimana.

Disini admin akan membantu berdasarkan pengalaman saja karena pernah terjadi juga pada admin yang mempunyai harddisk eksternal tidak bisa terbaca pada laptop atau komputer, baik langsung saja berikut dibawah ini!

Panduan Langkah

Berikut ini beberapa panduan langkah perbaikan antara lain:

1. Mengganti kabel USB pada harddisk eksternal tersebut.

Langkah pertama


Langkah awal yang dilakukan admin adalah mencoba menggunakan kabel USB harddisk yang terbaru sebab kabel konektor lama, besi ujung kabel tersebut sudah berkarat dan beruntungnya admin mempunyai cadangan sehingga sebelum memperbaiki lebih dalam, mencoba terlebih dahulu dengan kabel USB terbaru dan hasilnya work 100% terbaca pada PC komputer atau laptop.

Apabila belum terbaca juga harddisk tersebut cobalah restart dahulu komputer atau laptop lalu kemudian lakukan koneksikan kabel tersebut, jika belum juga terbaca coba lakukan cara kedua berikut ini.

2. Mengganti konektor tempat harddisk.

Casing harddik


Penggantian tempat konektor tersebut biasanya berhasil dengan yang terbaru dan ini perlu hati-hati dalam membuka casing harddisk tersebut jangan sampai patah, cobalah pelan-pelan dan pasti berhasil.

Apabila masih juga belum berhasil terdeteksi kemungkinan harddisk tersebut telah lemah atau rusak perlu perbaikan mendalam dan ini harus dibawa ke tukang servis spesial hardisk atau cobalah cara berikutnya:

3. Pindahkan Harddisk ke Port USB Lain.


USB port

Maksudnya pindahkan ini artinya laptop atau komputer memiliki banyak port usb, ada yang 3 port usb bahkan sampai 4 tergantung tiap perangkat laptop atau komputer. Cobalah pindahkan kabel USB pada tempat USB port yang lain dan ini biasanya berhasil terdeteksi dan terbaca.

Demikianlah beberapa cara memperbaiki harddisk eksternal yang memang sudah tidak bisa lagi terbaca pada perangkat laptop atau komputer tersebut semoga bermanfaat jangan lupa untuk berbagi share  dan tidak lupa datang kembali dengan artikel yang terbaru tentunya tidak kalah menarik salam sukses.

Post a Comment

0 Comments